Sabtu, 04 Juli 2015

Pengalaman Umroh Ramadhan 2015 bersama Sahabat

Bukan bermaksud pamer atau riya,ini hanya pengalaman saya yang gak bakal terlupakan seumur hidup,karena ini pengalaman umroh saya yang pertama kali sedangkan bagi teman-teman saya ini yang ke 3 kalinya.Saya sudah berniat umroh sejak 2012 sewaktu di Batam,sudah sempat mau mendaftar bersama Teh Euis ( Teman di Batam ),12 October 1012 saya Resign dari tempat saya kerja di PTU,tahun 2013 saya berencana umroh bersama nenek tapi terkendala cuti yang belum ada di Perusahaan yang baru.2014 saya berencana umroh backpacker bersama teman yang gabung melalui facebook,perinciannya saat itu sekitar 13juta,tidak lama kemudian ada teman saya Azizah yang menawari promo umroh ramadhan 2015 dengan biaya 16 jt all in di H2O ( PT.Hidayah Hasyid Oetama ) kecuali paspor&vaksin ( tidak ada penambahan untuk biaya surat mahram ).Saya langsung menghubungi teman2 saya ( Morel,Euis,Andria ).
saya,andria,morel,euis kitorang basaudara
Teman2 saya langsung setuju dan transfer uang karena mereka berdomisili di Batam,maka saya yang mengurus administrasinya.Keberangkatannya 1 tahun kemudian,awalnya banyak yang meragukan dengan biaya segitu apa bener bisa berangkat kemudian,tapi saya percaya dengan teman saya ini tidak mungkin dia akan menipu,karena setelah proses pembayaran saya mendapatkan sertifikat jaminan pemberangkatan.

1 Tahun kemudian saya mendapat info dari Azizah bahwa Umroh akan di laksanakan awal Ramadhan 2015.Semua jamaah di minta menyerahkan paspor,surat vaksin syarat mendapatkan visa.

Vaksin Meningitis
Setelah gugling di internet saya memutuskan vaksin di Bandara Halim Perdana Kusuma,jam 7 pagi saya sudah antri isi formulir dan bayar vaksin sekitar 300 rb,vaksinnya lumayan cepat jam 10 pagi saya sudah mendapat buku vaksin.

Saya menyelesaikan semua administrasi untuk saya dan kawan kawan.Ternyata dengan 16 juta saya juga mendapatkan Koper,tas slempang,tas ransel,buku panduan,buku doa,baju batik.Dengan semangat 45 saya ngangkut 4 buah koper ( akhirnya saya rental mobil dari cawang).

2 hari sebelum berangkat saya briefing dan latihan manasik,ternyata sampai sana yang datang 3 org termasuk saya,peserta lain domisilinya tidak di Jakarta.Pelayanan Travel ini menurut saya sangat baik.Sejujurnya saya deg-degan dan takut karena menurut cerita orang yg sudah umroh di sana tempat pembalasan apa yang sudah kita lakukan di sini.

Puasa Ramadhan hari pertama 18 Juni 2015 semua jamaah berkumpul di terminal 2 Bandara Soekarno Hatta,Teh Euis dan Morel terbang menggunakan Sriwijaya dari Batam sedangkan Andria pulang kerja langsung berangkat dari Semarang menggunakan Garuda.Untuk Jemaah yang lain saya enggak kenal kecuali Ibu Sari dan Adi ( sempet nebeng mobilnya ke Bekasi timur).

Buka puasa pertama berempat di Hokben ( ada yg minta di situ soale di Batam ga ada Hokben kkkk ).
Selesai buka puasa,sholat akhirnya komplit pesertanya totalnya 14 orang gabungan dari travel Mozaik.7 perempuan 7 lakilaki ( 5 masih single ).

Penerbangannya menggunakan pesawat Qatar airways jam 12 malam,pesawatnya besar dan nyaman,maklum kalau saya rada norak biasa naik pesawat murah ples diskonan sihh...cuma saya enggak suka menu makanannya enggak sesuai dengan lidah ndeso saya.


salah pilih menu
Saya pilih menu daging domba beuhhhhhhh baunya lebus bangett...sungguh katrok saya ini.
Mbak pramugarinya juga baik-baik,enggak minta tolongpun di tolongin beda ama maskapai yang pernah saya naikin padahal saya belinya gak diskonan,ehh saya di bentak *nasib lg gak baik....

Pesawat Qatar transit di Doha sekitar 3 semua jamaah sholat subuh ples narsis bentar,oiyaa karena naiknya Qatar jadi gak perlu visa lagi.Hamad International airport katanya bandara terkece di Timur tengah,bersih dan canggih.
Terminal kedatangan
19/6/2015 jam 06.15 melanjutkan perjalanan Doha-Madinah,pemandangannya sungguh kece badaiii
Di atas tepi laut 
Kali ini pesawat yang di gunakan lebih kecil,tiba di bandara Prince Mohammad bin Abdulaziz International Airport or Medina Airport (IATAMEDICAOOEMA) Bandara ini untuk penerbangan dari Cairo,Doha,Kuwait,Istanbul Imigrasinya antriannya enggak terlalu panjang,petugasnya juga bikin salah fokus masih muda dan berbehel hahahahahaa*ahhh bonusnya aku sukaaa
Bandaranya Unik
Keluar dari bandara Masya Allah puanassse ra umum,padahal masih pagi gimana jam 12 siang...menuju hotel Bahaudin Al Madinah,Hotel ini enggak semewah hotel di sekelilingnya tapi lumayanlah kan niatnya ibadah bukan tidur,lokasinya strategis depan pintu 25 masjid Nabawi nyebrang dikit.Tapi para staff nya baik,ada satu staff  dari India belau akrab dengan rombongan saya.
Saya tiba di Madinah saat cuacanya sedang hot-hotnya,jujur rasanya haus banget tapikan lagi puasa hehehehe .hari pertama tiba saya langsung jatuh cinta dengan Madinah,berasa di kampung sendiri.


di serambi masjid
Moment buka Puasa hari ke dua di masjid Nabawi duhhhh rasanya pengen nangis saking bahagianya,menu takjil di shaft pertama kurma,roti gandum,yogurt,air mineral air zamzam,siwak,tissue.
Setelah sholat magrib beranjak pulang ke hotel menu indonesia sudah menyambut,kok setelah di rasa-rasakan kok makanan enyakkk enggak asing di lidah,ternyata setelah tanya staff restaurannya chef nya urang Cimahi.*warbiyasaa cimahiii


menu takjil
Teraweh di lakukan sekitar jam setengah 9 malam,23 rakaat dan jamaahnya warbiyasaaa full sampai serambinya penuh.Teraweh selesai sekitar jam 12 malam.
suasana di serambi masjid
Pagi setelah sholat subuh,ziarah ke Baqi enggak sampai masuk sih cuma di seberang jalan,masih pagi tapi panasnya sudah merajalela gimana kalau di neraka,panasnya panas kering enggak bikin keringetan cuma bikin tenggorokan pengen cepet-cepet di basahi pake sirup marjan rasa cocopandan.

Di Lobby hotel di tunggu bu Uztadzah orang Serang tapi sudah 25 tahun tinggal di Madinah*ngiri banget semoga aku juga bisa tinggal di kota yg penuh berkah ini.Beliau membimbing rombongan ke Raudhatul jannah,disini antriannya Masya Allah...dan orang Arab lebih di dulukan*syedih...
Teh Euis dan Andria pake gamis hitam biar bisa masuk bareng orang arab ehh...triknya jitu banget ^_^.
"Sebagaimana Rosululloh bersabda :Antara Mimbarku dan rumahku merupakan taman dari taman-taman syurga " ( HR.Al Bukhari & Muslim )
Lokasinya di dalam Masjid Nabawi,peminatnya sangat banyak untuk wanita di buka pada jam-jam tertentu,Raudhatul jannah tempat yang mustajab untuk berdo'a,pahala yang di janjikan sama tapi do'a yang di panjatkan akan langsung di dengar oleh Allah  dan In sya Allah di kabulkan oleh Allah,inilah istimewanya.

Raudhatul jannah bersebelahan dengan Makam Nabi Muhammad SAW,Sahabat beliau Abu Bakar & Umar bin Khattab.


Indahnya Raudhatul Jannah
 Karena waktunya di batasin dan bergantian dengan jamaah lain,rombongan saya keluar,menikmati hawa panas,bu Uztadzah mengajak jalan-jalan di sekitar Masjid membeli oleh-oleh serta ngadem di Mall.


maaf mau begaya dulu...
Gak nyangka pas sholat dzuhur ketemu Laudya Cyntia Bella

ngemall dulu...
Siang hari tidak banyak kegiatan,ntr takut gak kuat puasanya xixixixi,baru malam hari setelah sholat teraweh ke museum Asmaul Husna Madinah Lokasinya di depan Masjid Nabawi,museum ini jika bulan Ramadhan buka sampai malam hari,pastinya enggak tau.*mau nanya bingung ga bisa bhs arab
Museum Asmaul Husna Madinah
Museum ini mengingatkan akan kebesaran Allah SWT,di sini juga terdapat replika Rumah Rosululloh pada zaman dulu.
Replika Rumah Nabi pada zaman dulu
Saya keluar museum ini sekitar jam 1 malam,sudah ngantuk sangat,balik ke hotel tidur sebentar,sahur,sholat subuh nongkrong di halaman masjid mau menyaksikan mekarnya payung-payung canggih di halaman masjid,sekaligus menyaksikan sunrise.

Hari ke 3 21/6/2015

City tour kali ini ke Masjid Quba masjid pertama yang di bangun oleh Rosululloh,Masjid ini tidak terlalu jauh dari Madinah tapi kalau jalan kaki lumayan gempor juga sihh,masjidnya sederhana dan indah dan di dominasi warna putih.


Masjid Quba di pagi hari
Rute salanjutnya ke kebun kurma,di sini juga menjual kurma-kurma segar serta kurma olahan.
Narsis dulu yakk...
Kurmanya masih seger....walopun tiap hari kepanasan.
Selanjutnya percetakan Al Qur'an,Kompleks Percetakan Al-Qur'an Raja Fahd (bahasa Arabمجمع الملك فهد لطباعة المصحف الشريف Mujamma' al-Mālik Fahd lithibā'ati al-Mushaf asy-Syarīf percetakan Al Qur'an terbesar di dunia dan bukan untuk bisnis,hanya untuk pengembangan Islam dan di biayai oleh Kerajaan.Ternyata sampai di sini Pabriknya tutup,selama Ramadhan jadwalnya berubah,ya udah melipir ke Jabal uhud,

Jabal Uhud adalah gunung yang bersejarah bagi umat muslim,di sinilah tempat bertempurnya Rosulululloh melawan kaum musyrikin,para syuhada termasuk paman Nabi Hamzah bin Abdul Muthalib di makam kan di sini.

Jabal Uhud
Makam Para syuhada
22/6/2015
Melanjutkan perjalanan ke Makkah,tapi sebelumnya mengambil miqot di Masjid Bir Ali ,masjid ini sangat cantik di sini tersedia toilet 512 dan 566 kamar mandi kenapa begitu banyak?karena di sini salah satu tempat untuk miqat ( berpakaian ihram).
Masjid Bir Ali ( sumber photo wikimapia.org )
Menempuh perjalanan 6 jam Madinah-Makkah,tiba di Madinah sudah sore check in di Hotel Marsha Al Jaria sekitar 200 meter dari Masjidil Haram.Rasanya mengharu biru benar-benar gak menyangka kalau sudah di Tanah Allah yang paling di berkahi.
Ka'bah
Menara masjidil haram vs menara grand zamzam
23/6/2015
Menikmati ibadah di Makkah,saya merasa ini kampung saya sendiri walaupun enggak setertib di Madinah,saya menemukan saudara-saudara seiman dari seluruh penjuru dunia.1 jam sebelum waktu sholat semuanya berbondong-bondong menuju masjid karena sholatnya akan penuh,untuk jalan rayanya juga akan di penuhi orang-orang yang sholat.


suasana malam hari setelah pulang teraweh
suasana sore hari
24/6/2015
City tour kali ini ke daerah pegunungan,jangan bayangin pegunungan di Indonesia pegunungan di Arab terdiri gunung batu tandus dan gersang,tapi yang bikin bangga tanaman yangbisa hidup selain kurma adalah pohon Soekarno( pohon mindi atau Melia azedarach ).Pohon ini banyak di tanam di sepanjang jalan dan di padang arafah.


rimbunnya pohon soekarno
Jabal Nur jadi tujuan pertama Tempat dimana Nabi Muhammad mendapatkan wahyu untuk pertama kalinya,tepatnya di gua hira gua ini kecil untuk mencapainya pun penuh perjuangan karena menjanjak dan berbatu,karena berpuasa saya enggak naik kesana daripada ujung-ujungnya kehausan*alasan
Jabal Nur
Menuju Jabal rahmah,bukit tempat pertemuan Nabi Adam AS dan Hawa setelah terpisah 200 tahun,di puncak ini terdapat batu putih sebagai tanda,banyak jamaah lebay yang corat-coret disini dan berdoa dan sholat menghadap tugu,padahal itu di larang kalau berdoa dan sholat harus tetap menghadap kiblat.Rombongan mulai naik tapi tidak lewat tangga batu yang di sediakan karena muternya kejauhan,saya ikut-ikutan jalan kesesatan naik batu-batu besar dan hampir terpeleset.
view dari jabal rahmah
Setelah dari jabal rahmah ambil miqot di Ji'ronah,sekitar 26 km dari makkah.Ji'ronah sendiri nama yang di ambil dari wanita yang mengabdikan diri menjaga dan kebersihan masjid,salah satu riwayat menyebutkan Ji'ronah memiliki derajat yang lebih tinggi di banding tempat miqot yang lain.

25/6/2015
City tour di kota Makkah,tempat pertama yang di kunjungi adalah peternakan unta di Hudaibiyah,peternakan ini milik suku baduy tapi yang jadi pertanyaan mengapa kencing unta lebih mahal daripada susu unta.
kencing unta harganya 25 riyal
susu unta 5 riyal
Saya teh euis dan andria pose dengan unta
Lanjut ke Exhibition of the two holy mosque architecture museum atau museum haramain di perbukitan Ummul joud Makkah,museum ini berisi benda-benda yang pernah di gunakan di masjid Nabawi dan Masjidil Haram serta manuskrip,photo-photo sejarah dari kedua Masjid suci tersebut.
Keluar dari museum para pengunjung mendapat souvenir berupa Al Qur'an.
Halaman depan museum
26/6/2015
Setelah melakukan Thawaf wada,melanjutkan perjalanan ke Red sea,mampir ke sebuah masjid kecil untuk sholat ashar
Masjidnya Bagus,langitnya biru
Nyebrang jalan dari Masjid ini sampai di pusat oleh-oleh,entahlah nama-nama tokonya indonesia banget seperti toko Ali murah,wilujeng sumping dan hampir semua pegawai toko-toko di Madinah,Makkah,Jeddah bisa berbahasa indonesia,mungkin mereka pada tahu kalau orang Indonesia hobi belanja.
Toko oleh-oleh
Karena saya memang enggak menyiapkan budget untuk belanja,saya melipir menikmati tenggelamnya matahari di laut merah.
sunsetnya kece badai
Buka puasa kali ini di Bakso mang Udin,pegawainya banyak dari Indonesia dan menu yang di suguhkan juga menu indonesia,yang menambah nikmat semua jamaah di traktir Pak Arie*makasih pak Ari semoga tambah berkah hidupnya.
Nasi goreng Jeddah
Beruntungnya saya bisa berkenalan dengan ownernya,penduduk asli lahir di Malaysia,keturunan Kalimantan pernah bekerja di Saudi Airlines dan sudah melanglang buana di Eropa.
Rencana selanjutnya ke Masjid terapung tapi karna sopirnya udah ngamuk-ngamuk,pak sopirnya orang Mesir tempramental gituuu...sampai sanapun gak turun lagian sudah gelap,padahal saya mau bandingkan dengan masjid terapunya Malaka dan Kinabalu,dari kejauhan saya menikmati air mancur tertinggi di dunia.
King Fahd Fountain ( gambar secondglobe.com)
Sampai di Bandara King Abdul Aziz Jeddah,nunggu 4 jam lagi duduk-duduk cantik sambil sahur,tidak lupa  berselpi ria.
Sahabat saya Morel
Biasanya kalo habis X ray masuk ke ruang tunggu semua cairan di sita,kalau disini setiap penumpang di kasih 1 botol air.Jeddah-Doha di tempuh sekitar 2,5 jam transit sekitar 2 jam juga,ganti pesawat yang lebih besar menuju Jakarta.Perjalanannya sekitar 9 jam,tiba di jakarta sudah malam dan saya masih lanjut ke Surabaya menggunakan Citilink jam 5 pagi bersama bu dwi.

Perjalanan Umroh ini sangat mengesankan,rombongannya asyik Ustad nya masih muda dan gaul abisss...apalagi sahabat2 saya,Ada teh Euis yang selalu positif thinking dan menolong saat saya sakit,menggandeng tangan saat sai,ada Andria yang care banget,Morel yang gokil tukang selfi,bu sri selalu menolong siapapun yang lagi sakit,bapak-bapak yang lain yang kocak-banget.

Pengen umroh lagi dengan rombongan ini,semoga Allah memberi Rizeqi dan Kesempatan.

3 komentar:

  1. Bun,,, apa nama travelnya?

    BalasHapus
  2. Makasi sis, artikel ini sangat membantu sekali terutama bagi jamaah yang baru pertama kali ingin umroh, apalagi ditambah dengan pengalaman uniknya..semoga menjadi haji yang mabrur.. salam dari Travel Umroh Sunnah Jakarta

    BalasHapus